Foundation of Character Building

The Foundation of Character Building : 4 Excellence Skills
By Gus Minging D.S., MBA, Psikolog

Banyak orang berpendapat bila karakter itu sudah bawaan dari lahir dan sulit dirubah. Kita kadang mendengar dari orang tua, “Anak saya itu sulit diatur, belajarnya ogah-ogahan dan kurang peduli dengan orang lain.” Apakah itu sudah menjadi karakter dia ? Apakah masih dapat dirubah?

Kami sebagai psikolog yakin dan optimis bila perilaku itu dapat dibentuk (reshaping) lewat proses belajar dan pendamping terus menerus. Banyak dari orang tua yang sangat peduli terhadap kemampuan akademis Anak semata namun kurang mengasah aspek lain yang justru dibutuhkan Anak di kemudian hari. Misalnya bagaimana Anak dihadapkan pada kesulitan? Bagaimana Ia merespon dan mengatasinya? Apakah Anak cenderung lari bila dari masalah? Disinilah pentingnya Pendidikan karakter yang selama ini kita cenderung abaikan. Banyak kasus dimana Anak yang hanya pandai di akademis namun Ia kurang dapat mengatasi “kegalauan” saat menghadapi permasalahan. Tentu saja Ia akan mengalami kesulitan dalam mencapai kesuksesan di kemudian hari. Untuk itu Pendidikan karakter Anak mutlak dibutuhkan agar dia dibekali “software” atau “Apps” yang dapat Ia gunakan untuk menjalani kehidupan dan mencapai kesuksesan di masa depannya.

Ada 4 domain yang perlu selalu diasah orang tua, pendidik, dan pendamping dalam mendidik karakter Anak  sebagai dasar pembentukan karakter Anak :
1. Personal Excellence 
Untuk membentuk karakter yang unggul, focus pertama adalah Personal Excellence. Pada tahap ini penguatan karakter difokuskan pada internal Individu.  

Saya membaginya menjadi 4 sub bagian yaitu ; Confidence, Capable, Creative & Courage
level Confidence, pendidikan karakter Anak difokuskan pada 
- pengenalan pribadi
- mengetahui kekuatan dan kelemahan
- mampu memotivasi diri
- membangun keyakinan positif dan menghalau keyakinan negative, 
- membuka potensi diri
- merubah kelemahan diri
- Kontrol diri 
- Persistensi
- Kesadaran diri
- Problem solving
Pada level Capable, Pendidikan karakter difokuskan pada citra diri yang positif, kepercayaan diri, kemampuan adaptasi, disiplin diri, menghadapi tantangan, menunda kesenangan, bangkit dari kegagalan, dan melatih focus 
Pada level Courage, Pendidikan karakter difokuskan mengasah kekuatan tindakan, kasih sayang terhadap sesama, kesederhanaan, berpikir rasional dan kritis, rasa tanggung jawab dan kemandirian
Pada level  Creative, Pendidikan karakter difokuskan pada cara berpikiri kreatif, kemampuan untuk introspeksi, berpikir terbuka, mencintai diri dan mengatasi keterikatan dengan kreatif

2. Interpersonal Excellence
Fokus Pendidikan karakter di domain ini adalah pada kemampuan untuk berhubungan dan membina relasi dengan orang lain secara sehat  dan bermanfaat.
Saya membaginya menjadi Charming, Extraordinary, Exciting dan Precious
Level Charming, Pendidikan karakter difokuskan pada bagaimana Anak mampu untuk memulai pembicaraan dengan orang lain baik yang dikenal maupun tidak, Kemampuan untuk melontarkan “guyonan” pada tempatnya sehingga membuat pembicaraan menjadi menarik, menerima perbedaan pendapat, mampu mengambil keputusan pada pilihan yang sulit, menyampaikan berita baik maupun buruk, belajar seni bergaul yang positif, memimpin kelompok  dan mampu mengatasi pengaruh kelompok

Level Extraordinary, Pendidikan Karakter diarahkan pada kemampuan komunikasi verbal dan non verbal, bagaimana mendengarkan secara aktif, kemampuan empati, bercerita, bagaimana menghargai orang lain, kemampuan untuk berbicara di depan umum dan presentasi.

Level Exciting difokuskan pada kemampuan untuk berbicara dengan penuh keyakinan, bagaimana menyakinkan orang lain, membuat win-win solution, komunikasi assertive untuk mengungkapkan pendapat / persetujuan/ ketidaksetujuan, bagaimana meminta maaf dan memaafkan kesalahan orang lain maupun diri sendiri, memupuk integritas diri. 

Level Precious, Pendidikan karakter difokuskan pada bagaimana mampu mendekati orang yang dikenal maupun tidak dikenal pada situasi tertentu, membina relasi yang dapat dipercaya, mempertahankan hubungan yang telah terbina, kemampuan untuk menjual ide, belajar mengatakan tidak, mengelola emosi dengan bijaksana. 

3. Social Excellence
Pendidikan karakter pada domain social excellence difokuskan pada mengasah perilaku anak yang bermanfaat bagi orang lain (Pro Social Behaviour). 
Level Caring, disini akan dilatih untuk berbagi kepada orang lain, kontribusi social, bagaimana anak dapat menjadi volunteer di berbagai kegiatan sosial, memberikan sumbangan kepada orang yang tepat, pantas dan bermanfaat.

Level Prudent, Pendidikan karakter difokuskan pada memberikan feedback, menerima saran, menawarkan bantuan, memperhatikan orang lain dll.

Pada domain social excellence ini anak diajarkan untuk tidak menjadi pribadi yang egois, tidak peduli terhadap sesama dan hanya mengejar materi dan kesuksesan pribadi semata. Ia perlu dilatih menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama, kepada mereka yang kekurangan dan memiliki kepekaan social dan mau bertindak untuk membantu mereka. 

4. Spiritual Excellence
Apa jadinya bila seorang telah sukses, pandai bergaul, dan punya karakter penolong namun Ia merasa tidak bahagia dan selalu merasa dirinya kurang. Disinilah Spiritual Excellence perlu diasah dengan membantu pribadi untuk menemukan esensi, hakiki dan makna kehidupan dan kebahagian sejati.  Pendidikan karakter pada domain spiritual excellence ini diajarkan untuk mampu bersyukur pada segala kondisi susah dan senang, menemukan kebahagiaan, menjadi pribadi bijak, menyanyangi segala mahluk hidup tanpa membedakan, menyelaraskan diri dengan alam ciptaanNya, menjunjung tinggi nilai-nilai universal kehidupan. 
Mari kita sebagai orang tua mulai mengasah karakter anak kita dengan 4 domain diatas agar mereka menjadi pribadi yang tangguh, positif, berjiwa mulia dan bahagia. Banyak cara untuk mendampingi mereka melalui games, instrospeksi, menonton film inspirasional, sharing, diskusi, dan penugasan-penugasan.

Asah Karaktermu!

Daftar Segera

Peserta Terbatas

0822 - 4216 -6729